Bahaya apakah yang muncul dari sifat licik?

Bahaya yang muncul dari sifat licik akan saya terangkan sedikit tentang masalah ini simaklah dengan teliti agar tidak terjadi kesalah pahaman,Bahaya yang muncul dari sifat licik yakni ada dua macam ,ada bahaya bagi objek atau orang lain,ada yang bagi subjeknya yaitu pelakunya sendiri. sekarang simaklah kerugian-kerugian yang muncul bagi orang lain:
1.Kita kerap menemui orang yang saling menjatuhkan demi mencapai tujuannya . untuk memenuhi hawa nafsunya ia tidak ragu ragu berbuat licik. Padahal keinginannya dapat tercapai tanpa harus berbuat licik. Sikap licik adalah sikap yang sangat dibenci  oleh manusia maupun agama dan bangsanya.
2.Sifat licik menyababkan seorang mnjadi rakus; orang yang licik nafsunya tidak akan terpuaskan. Ia bertindak seperti orang yang dahaga kemudian meminum air laut untuk melepas rasa dahaganya. Padahal semakin minum air laut semakin dahaga pula
3.Orang yang licik inginnya menjadi orang yang unggul,tanpa memperdulikan kemampuannya yang tidak layak . ia akan berupaya dengan segala cara untuk menyingkirkan orang yang bisa merintangi ambisinya.
4.Imannya akan semakin habis .orang yang berbuat licik pasti imannya akan berkurang dan jika tidak berhenti dapat menghapus imannya. Orang yang mempunyai sifat licik layak dikasihi karena kurang iman semakin menipis,hatinya jauh dari mengingat Allah,ia lalai jika Allah selalu mengawasi perbuatan habaNya.
5.Ketika ia butuh ia mendekat dan menjilat ,dan ketika ia tidak butuh ia menjauhkan diri. Kemudian membeberkan semua aib dan menfitnah orang tersebut.tanpa ia mengingat kebaikannya selama ia bergaul pada orang tersebut. Ibarat pepatah seperti kacang lupa akan lanjarannya.
Bahaya apakah yang muncul dari sifat licik?

Akibat orang licik bagi diri sendiri
1.Hatinya selalu tidak tentram ,hatinya dipenuhi dengan rasa gelisah
2.Hilangnya keberkahan dalam dalam hidupnya. Apabila ia menafkahi keluarga dengan cara licik lalu anak diberi makan yang tidak halal,maka akan menjadi daging yang tidak mau untuk taat kepada Allah
3.Jalan hidupnya penuh dengan fitnah , orang yang licik hidupnya banyak dipenuhi cobaan . dimanapun ia berada selalu mengalami fitnah dari masyarakat karena orang melihat apa yang ia dapat tidak dengan cara yang wajar.
4.Ia berlumur dosa. Allah tidak akan ridha dengan perbuatan licik dan manusiapun akan membencinya
5.Hidupnya akan berakhir dengan suu’ul khotimah.
Bahaya yang muncul dari sifat licik sudah kita ketahui,ita pun tahu mana untungnya orang yang baik dan mana ruginya orang yang licik,tapi kenapa orang yang licik itu masih berkeliaran ,padahal mereka tahu apa ruginya orang yang licik itu.

Popular Posts

Follow Me