Khasiat sirsak

Khasiat Sirsak berasal dari Amerika Selatan. Buah sirsak termasuk buah semu yang lunak, berwarna putih, berserat, berbiji hitam pipih. Kulitnya berduri,tangkai buah menguning, aromanya harum, dan rasanya manis agak asam.
Khasiat sirsak yang tak kalah penting yakni bisa digunakan untuk pengobatan batu empedu, anti sembelit, asam urat, dan meningkatkan nafsu makan. Dengan mengonsumsi buah sirsak dipercaya dapat meningkaatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit. Kegunaan lain dari sari buah sirsak adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit kandungan air seni, dan ambeien. Selain buahnya, daun sirsak juga sering digunakan utik obat tradisional. Dan mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa daun sirsak tidak mempunyai manfaat untuk kesehatan. Namun,penelitian membuktikan bahwa daun sirsak mempunyai manfaat untuk kesehatan, yaiti salah satunya untuk penyembuhan penykit kanker.
Khasiat sirsak

Khasiat sirsak diteliti oleh Dr Jerry McLaughlin dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, dan menuaikan hasil riset menemukan daun sirsak mengandung senyawa acetogieins yang terdiri annomuricin E yang bersifat sitotoksin atau membunuh kanker. Uji praklinis membuktikan bahwa acetogenins dalam sirsak dapat menghambat adenosia trifosfat (ATP), sumber energi dari kanker. Padahal, sel kanker memerlukan banyak energy karena pembelahan yang sangat cepat. Akibatnya penghambatan itu maka sel kanker mati. Kelebihannya lagi, acetogenins sangat selektif, hanya menyerang sel kanker yang memiliki kelebihan ATP, sel-sel lain yang normal di dalam tubuh tidak diserang. Hasil itu sejalan dengan riset prof Soelaksono Sastrodiharjo dari Institut Teknologi Bandung. Risetnya melaporkan daun sirsak mengandung annomuricin E, senyawa kelompok acetogenins. Dari 14 jenis acetogenins, 13 di antaranya berpotensi menghambat multi-drug resisten (MDR) pada kanker payudara. Acetogenins bekerja dengan cara menghambat pembentukan ATP oleh mitokondria pada sel kanker. Acetogenins masuk dan menempel di reseptor diding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Dampaknya produksi energi didalam sel kanker berhenti dan akhirnya sel kanker mati. Dan daun sisak yang berada pada urutan 4 sampai 5 dari pucuk dipercaya memiliki kandungan acetogenins paling banyak.
Untuk pengobatan kanker dibutuhkan 10 lembar daun sirsak yang tua, direbus dengan air 3 gelas hingga menguap dan airnya tinggal 1 gelas. Sebelum air rebusan di minum terlebih dahulu di saring agar ampas-ampas yang tidak bermanfaat tidak ikut terminum. Penelitian membuktikan bahwa air rebusan daun sirsak  mempunyai kekuatan sepuluh ribu lebih kuat membunuh sel kanker daipada kemoterapi biasa.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa sirsak mempunyai manfaat untuk penyembuhan suatu penyakit. Terutama daunnya yang mengandung zat anti kanker yaitu acetogenins yang dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit kanker. Meskipun demikian, pertimbangan medis tentu tidak boleh begitu saja diabaikan. Untuk memantau perkembangan kesehatan tetap harus berkonsultasi  dengan dokter ahli.
Khasiat Sirsak diatas hanya sedikit,silahkan anda mencari refrensi lainnya untuk melengkapi article ini. dan satu kata dari saya ,semoga article ini bisa bermanfaat bagi kalian. jika kurang faham silahkan taruh komentar di bawah.

Popular Posts

Follow Me