Ulul azmi

Ulul azmi merupakan gelar yang diberikan kepada para rosul yang mempunyai kedudukan yang tinggi /istimewa karena ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam berdakwah dam menghadapi rintangannya.
Allah swt berfirman yang artinya” maka bersabarlah engkau ( Muhammad) sebagaimana kesabaran rosul rosul yang memiliki keeteguhan hati dan janganlah engkau meminta agar adzab disegerakan untuk mereka . padaa hari mereka melihat azab yang dijanjikan ,mereka merasa seolah-olah mereka tinggal (didunia) hanya sesaat saja pada siang hari . tugasmu hanya menyampaikan .maka tidak ada yang dibinasakan kecuali kaum yang fasiq (tidak taat kepada Allah.(Q.S. al ahqaf:35)
Sifat-sifat ulul azmi
Kriteria yang menjadi rujukan untuk mendapatkan gelar ini ,antara lain adalah;
a.Mempunyai kesabaran yang kuat saat menyampaikan kebenaran
b.Selalu mohon ampun kepada Allah supaya kumnya diberi petunjuk dan azab tidak diturunkan supaya ada kesempatan bertaubat terlebih dulu.
c.Selalu berdo’a agar Allah memberi hidayah kepada umatnya
d.Memiliki semangat yang kuat dan kokoh(azzam) yang tinggi semasa menyampaikan kebenaran.

Ulul azmi
Sifat kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi rintangn para rosul khususnya ulul azmi sangat berbeda jauh dengan kita . nabi Muhammad saw pernah bersabda bahwa yang paling berat ujiannya adalah para nabi ,kemudian yang seperti mereka. Sifat dan kesabaran para nabi dan rasul tersebut disebabkan oleh kekuatan iman mereka . mereka meyakini bahwa berbagai bentuk cobaan dan fitnah yang diberikn Allah adalah bentuk kasihsayangNya supaya dapat  naik derajatnya disisi Allah.
Ulul azmi terdapat 5 seorang nabi yaitu nabi Nuh a.s, nabi Ibrahim,a.s. ,nabi musa a.s, nabi isa a.s, serta nabi Muhammad saw.

Popular Posts

Follow Me