Pengertian taubat

Hakikat Taubat berasal dari kata bahasa arab تؤبه yang artinya kembali. Orang taubat karena takut adzab allah disebut تائب (isim fa’il dari taaba ). Orang taubat kepada Allah adalah orang yang kembali dari sesuatu enuju sesuatu ,kembali darisifat-sifat tercela menuju sifat yang terpuji ,kembali dari larangan Allah menuju ke perintah Allah,kembali dari maksiat menuju taat,kembali dari segala yang dibenci Allah menuju ke segala sesuatu yang di ridhoi Allah. Kembali dari saling bertentangan menuju saling menjaga persatuan.

Taubat hendaknya orang yang melakukan dosa itu segeralah untuk bertaubat karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa,dan sebaik-baiknya orang yang berbuat salah adalah yang mau bertaubat dan mau minta maaf kepada sesama. Demikian ungkapan yang sering terdengar di telinga kita,bagi seorang muslim apabila melakukan kesalahan dan kemakssiatan ,maka dia wajib bersegera untuk taubat kepada Allah,adapun yang dimaksud kesalahan da kemaksiatan yaitu semua perbuatan yang melanggar syariat dan aturan islam.baik dalam bentuk meninggalkan kewajiban dan dan melanggar larangan ,baik yang termasukshagir atau kabir.
Taubat merupakan akhlaq terpuji yang menghiasi setiap peribadi muslim ,suatu kenyatan yang tidak dapat dipungkiri ,setiap menusia memiliki kesalahan atupun pelanggaran ,daan setiap kesalahan dan pelanggaran mendaatangkan dosa,dan setiap dosa harus dihentikan dan dimohonkan ampunan kepada Dzat yang Maha Mengampuni segala kesalahan.

Popular Posts

Follow Me