Nilaai positif khusnudzzan

Nilai positif khusnudzzan akan melahirkan keyakinan bahwa segala kenikmatan dan kebaikan yang diterima manusia adalah berasal dari Allah,sedangkan keburukan yang menimpa manusia disebabkan karena dosa manusia itu sendiri lihat juga disini.
Nilaai positif khusnudzzan

Manusia tidak akan sampai pada seuatu yang bisa membuat hatinya tenang secara hakiki,kecuali jika ia mau mengikuti petunjuk petunju-Nya dan meninggalkan segala bentuk larangannya secara totalitas dan continue. Ada beberapa hikmah yang dapat dipetik dari sikap husnudzzan antara lain:
1.Melahirkan kesadaran bagi manusia bahwa segala sesuatu dialam sesuatu daialam semmesta ini berjalan dengan aturan dan hukum yang telah  ditetapkan dengan pasti oleh Allah.
2.Mendorong manusia untuk beramal dengan sungguh-sungguh untuk mencapai kehiduan yang lebih baik dan mengikuti hukum sebab akibat yang berlaku dan ditetapkan oleh Allah
3.Mendorong manusia untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah yang kekuasaannNya bersifat mutlak.
4.Sikakp khusnudzzan membuat jiwa menjadi tenang dan tentram ,karena meyakini apapun yang terjadi adalah atas kehendak dan kuasa Allah.disaat memperoleh kebahagiaan dan nikmat,dia sgera besyukur kepada Allah dan bertobat jika mempunyai kesalahan ,dan tidak memiliki kesombongan karena semuanya itu diperoleh atas ridlo dan atas izin Allah. Disaat mendapat musibah dan kerugian akan bersabar karena meyakini semuanya itu karena kesalahannya sendiri dan karena cobaan dan ujian dari Allah yang kelak akan mendatangkan kebahagiaan ,kebaikan dan kemaslahatannya.
Nilai positif khussnudzzan sudah jelas dan nyata,sekarang tinggal pada diri kita sendiri,mau melakukannya atau tidak,mau khusnudzzan atau mau suu'udzzan, terserah anda saja sich,tapi saya sich menganjurkan untuk yang suu'udzzan saja.

Popular Posts

Follow Me