Sifat syirik

Tahukah anda tentang apa yang dinamakan syirik itu......?
      Syirik dari segi bahasa yaitu mempersekutukan,ssecara istilah ialah perbuatan yang mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Orang yang melakukan perbuatan syirik disebut musyrik, seorang musyrik melakukan suatu perbuatan terhadap makhluk manusia,benda yang seharusnya perbuatan itu hanya ditujukan kepada AllahSWT. Perbuatan itu merupakan menuhankan sesuatu selain Allah dengan menyembahnya,meminta pertolongan kepadanya,menaatinya atau melakukan perbuatan lain yang tidk boleh dilakukan ,kecuali hanya kepada Allah SWT. Perbuatan syirik termasuk dosa besar.Allah mengampuni semua dosa sema hambanya kecuali dosa besar seperti syirik.
    Dilihat dari sifat dan tingkat sanksinya ,syirik dapat dibagi menjadi dua yaitu syirik besar(as-syirku al-akbar) dan syirik kecil(as-syirku al-ashghoor):
1.Syirik akbar atau syierik besar Merupakan syirik yang tidak akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Pelakunya tidak akan masuk surga untuk selama-lamanya bila ia mati belom bertobat . syirik akbar ini ada dua macam pula : a. Dzahirun jali (tampak nyata) dan b. Bathinun kafi (tersembunyi).
Syirik akbar yang dzahirun jali yaitu penyembahan kepada tuhan-tuhanselain Allah, baik tuhan yang berbentuk berhala ,bintang ,bulan,matahari ,pohon dan yang lainnya lagi. Demikian juga menyembah makhluq-makhluq sepeerti syetan,jin,dan malaikat. Termasuk pula dalam syirik dzohirun jali ialah mengakui nabi isa a.s TUHAN ANAK atau PUTRA TUHAN.
2. Syirik ashghor atau syirik kecil
Termasuk perbuatan dosa besar,akan tetapi masih ada peluang untuk diampuni Allah jika pelaku syirik kecil ini segera bertaubat. Seorang pelaku syirik ashghor dikhawatirkan akan meninggal dunia dengan keadaan kufur jika ia tidak segera bertaubat dengan taubat yang taubatan nashuha.
Contoh-contoh perbuatan syirik ashghor:
A. Bersumpah dengan nama selain Allah.
B. Memakai azimat
C. Mantera
D. Sihir
E. Peramalan
F.Dukun dan tenung
G. Bernadzar dengan selain Allah
H. Riya’
Sifat syirik

Macam-macam syirik
    Syirik scara umum bisa dikatakan kecondongan untuk bersandar kepada sesuatu makhluk ataupun seorang selain Allah. Perbuatan syirik terjadi pada orang orang yang tidak mampu mengendalikan nafsu jahatnya. Karena sesungguhnya nafsu jahat mreiliki kecenderungan lebih suka menyembah apa yang menjadi produk imajinasinya sendiri. Menurut klasifikasi umumnya ,syirik dibagi menjadi empat jenis yaitu:
1.Syirku al ‘ilmi: inilah syirik pada umumnya terjadi pada ilmuwan. Mereka mengagungkan ilmu sebagai maha segalanya.mereka tidak mempercayai pengetahuan yang diwahyukan Allah. Contoh: mereka mengatakan bahwasanya manusia itu berasal dari kera,mereka juga mempercaya bahwa ilmu pengetahuan akhirya akan dapat menemukan formula agar manusia tisak mengalami mati,dan lainnya lagi.
2.Syirku attasaarruf: syirik ini disadari atau tidak oleh pelakunya . menentang baha Allah maha kuasa dan segala kendali atas penghidupan manusia berada pada kekuasaan-Nya. Mereka percaya bahwa selain Allah itu mempunyai kekuasaan. Contoh: kepercayaan bahwa nabi Isa adalah anak Tuhan,percaya pada dukun ,tukang sihir atau sejenisnya,
3.Syirku al ibadah: syirik yang menuhankan pikiran,ide-idea atau fantasi. Mereka hanya percaya pada fakta-fakta kongkrit yang berasal dari pengalaman lahiriyah. Misalnya seorang atheis memuja ide pengingkaran terhadap tuhan dalam berbagai bentuk kegiatan.
4.Syirku al ‘iddah: syirik ini percaya terhadap tahayyul . sebagai contoh percaya bahwa angka 13 itu angka  sial sehingga tidak mau menggnuakan angka tersebut ,menghubungkan kucing hitam dengan kejahatan ,dan lain sebagainnya.
-Akibat negatif perbuatan syirik
Orang yang menyekutukan tuhan Allah disebut syirik ,lantaran ia menyembunyikan dan mengotori nikmat keimanannya kepada Allah yang telah tertanam dalam hati sanubarinya sejak ia lahir .secara istilah syirik dapat dikatakan sebagai keondongan untuk bersandar pada sesuatu makhluk ataupun seorang selain Allah.
Akibat yang ditimbulkan syirik antara lain yaitu:
1.Sulit menerima kebenaran , firman Allah : Allah telah menguci hati dan pendengaran mereka ,penglihatan mereka telah tertutup,dan mereka akan mendapat adzab yang berat”.(Q.S. al-baqarah /2:7)
2.Munculnya perasaan bimbang dan ragu . firman Allah “dalam hati mereka ada penyakit ,lalu Allah menambah penyakit itu,dan mereka mendapat adzab yang pedih,karena mereka berdusta”(Q.S. al baqarah 2/10)
3.Tidak boleh dijadikan pemimpin bagi kaum yang beriman. Pemimpin adalah seorang yang mempunyaai otoritas membimbing ,mengarahkan,mengendalikan terhadap orang orang yang menjadi bawahannya.
4.Hanya akan memperoleh kesenangan dan kebahagiaan yang sementara. Kesenaangan hidup didunia yang diperoleh orang orang yang musyrik sifatnya sementara tiada abadi.
5.Orang musyrik dinilai sebagai makhluq terburuk sealam semesta. Allah menilai orang orang musyrik dengan penilaian yang sangat reandah. Merekaa seperti binatang kambing yang terkena banyak penyakit yang orang jijik melihatnnya,bahkan lebih utama kambingnya,dan sesat dari pada binatang itu.
Hikmah menghindari perbuatan syirik.
    Imam memiliki pengaruh sangat besar dalam kehidupan seorang mukmin. Jika imam itu benar maka akan memberikan pengaruh yang positif yang akan mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan ,namun sebaliknya jika imam itu salah karena bercampur dengan syirik maka akan memberikan pengaruh yang negatif yang menyengsarakan masyarakat dari dunia hingga di akhirat. Diantara hikmahnya yaitu:
a. Menjadikan manusia memiliki pandangan yang luas
b. Mengangkat manusia kepada derajat yang lebih tinggi
c. Mengalirkan rasa kesederhanaan dan ketentraman
d. Memunculkan kepercayaan yang teguh dalam segala perkara
e. Membuat manusia menjadi suci dan benar serta arif bijaksana
f.  Tidak mudah putus asa dengan apa yang dihadapinya
g. Mengembangkan sikap damai dan tentram bahagia
h. Menumbuhkan sifat keberanian dalam diri manusia
i.  Menjadi taat dan patuh kepada ajaran dan hukum Allah
   Sifat syirik itu emang sangat ganas bagi kita dan akibatnyapun sangat ngeri, saya hanya bisa berdo'a semoga kita bisa terlindungi dari sifat syirik ini, na'udzubiLlahi min dzalik. itulah sedikit penjelasan tentang syirik serta akibat yang ditimbulkan dari syirik serta konsekuensinya semoga bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga kita semua. Amiiin

Popular Posts

Follow Me