Pengaenalan Rebana

Rebana dalam bahasa jawa yaitu terbangan adalah salah satu musik yang sangat tradisional yang apabila tidak di perjuangkan dan tidak di publikasikan dalam kehidupan masyarakat sekarang maka akan hilang dan bahkan akan punah dengan sendirinya ,karna masyarakat lebih khususnya pada golongan remaja dan anak anak sekarang itu diserang oleh tradisi-tradisi yang tidak ada sopan santunnya dan etikanya yakni dangdutan atau orkesan yang sangat tidak pantas dan tidak layak untuk anak-anak yang belum cukup umur.
alat diatas yaitu alat terbang yang terbuat dari kayu yang di pipih dengan bentuk lingkaran dan dilapisi oleh lulangan atau kulit kambing,sehingga menghasilkan suara dan irama yang indah dan jernih. terbang merupakan alat yang inti dalam suatu grup rebana. 
Pengaenalan Rebana
 sobat, kalau di kota saya ini kota kudus yang saya tempati ini masih banyak grup-grup rebana yang saat ini masih mempunyai nilai dan masih syiar dikalangan pemuda pemudi kudus, kebanyakan di kudus itu sekolah yang berbasis islami ini menjadikan seni islam rebana sebagai ekstra kurikuler yang lumayan penting setelah pelajaran yang akademic. kudus ini terkenal dengan sebutan kota santri,sangat malu donk,apabila kudus yang terkenal banyak kiai dan santri ini tidak mempunyai rebana. terutama sekolah terkenal yang berbasis agama seperti Qudsiyah,Tbs dan Miffa. tiga sekolahan tersebut sangat bersaing dalam bidang rebana ,dan masing sekolah tersebut mempunyai lagu andalannya masing-masing.

itulah sedikit ulasan tentang rebana sebagai kesenian islam yang seikit demi sedikit akan tersingkirkan oleh tradisi -tradisi yang negatif seperti orkes dan lainnya, marilah kita jaga tradisi yang di dirikan oleh pendiri ataupun kiyai-kiyai kuno bahkan dari zaman nabi kita Nabi Muhammad pun sudah ada. janganlah kita rela sobat kalau seni islam yang berupa rebana ini di hilangkan oleh oknum-oknum tertentu yang mau menghancurkan tradisi kita. jika tradisi dan syiar islam yang kita bangga-banggakan ini menghilang,niscaya agama kita pun akan runtuh dengan sendirinya. miris bukan sobat, jangan hanya di bayangkan sobat,harus kita berani memperjuangkan agama yang kita sayangi ini lewat media apapun. kalau saya ini menyiarkan islam dengan cara mensyiarkan tradisi-tradisi islam untuk menarik perhatian orang -orang kafir supaya masuk islam.

Popular Posts

Follow Me