Jenis dosa dan cara taubatnya

   Jenis dosa dan cara taubatnya, berkaitan dengan haq Allah yang wajib ditutupi atau diqada ,dosa yang terkait dengan hak manusia yang tidak membutuhkan kepada pengganti,dosa yang berkaitan dengan hak manusia ,yang wajib dikembalikan pada mereka, dengan deemikian sudah barang tentu tata cara bertobatnya berbeda.
Diantaranya:
1.Dosa yang berkaitan dengan hak Allah; seeperti berkata dusta ,meninggalkan sholat waktu ,berbuat syirik,meminum khomer.berjudi,main perempuan,menyaksikan film-film yang mengundang syahwat. Semua diatas termasuk dosa besar. Dosa-dosa yang seperti ini termasuk dosa yang berkaitan dengan Allah swt. Bagaimana    bertobat dari dosa yang seperti ini ? untuk bertaubat dari dosa yang semacam ini seseorang harus berhenti dari perbuatan dosa tersebut dan menyesali perbuatan yang telah laludilakukan, memperbaiki diri dan tidak melakukan dosa yang sama untuk kedua kalinya. Jika dia memperbaiki secara sungguh-sungguh dan secara taubatannashuha,maka pastinyaa Allah akan mengampuni dosa itu,
2.Dosa yang berkaitn dengan hak Allah namun hak Allah yang wajib ditutupi atau diqodo, seperti orang yang meninggalkan puasa,seorang manusia yang meninggalkan puasa dia terkena dosa besar , perbuatan meninggalkan puasa adalah dosa besarsehingga apabila seorang meninggalkan satu puasa dengan sengaja,maka dia harus mengqodo’ puasa yang ditinggalkannya. Adapun jika seorang tidak membayar zakat pada hakikatnya dia telah memakan api neraka. Namun jika mereka bertaubat dengan menyesali apa yang telah dilakukan ,dan bertekad sejak saat itu hingga seterusnya mereka akan mengqodoi kewajiban puasa yang akan ditinggalkannya  dan membayar zakat,baaik yang sekarang maupun yang telah lalu ,maka pasti Allah akan mengampuninya ,betapapun dosa besar yang dimilikinya.
3.Dosa yang terkait dengan hak manusia yang tidak membutuhkan kepada pengganti. Dosa jenis ini seperti perbuatan ghibah ,mengumpat,mencari kesalahan oranglain atau menggunjing . mengumpat adalah dosa besar , pada hari kiamat orang orang yang suka mengumpat dan menuduh,akan diletakkan diatas darah dan nanah selama lima puluh ribu tahun.hingga semua orang telah selesai menjalani hisab,kemudian setelah itu mereka dipindahkan kedalam neraka jahannam. Namun jika mereka bertaubatt dan tidak mengumpat lagi ,serta mereka menyesali apa yang telah di lakukan  dan memperbiki dirinya ,maka pasti Allah akan mengampuninya.sehingga dia kembali tidah ubahnya menjadi seperti seorang bayi  yang baru dilahirkan oleh ibunya . dan jika dia bisa menghilangkan tuduhan yang telah dia alamatkan kepada orang lain ,dan menjaga harkat dan martabat serta kehormatan mereka,serta pergi kepada setiap orang yang telah diumpatnya untuk meminta keridhoannya. Hal yang demikian adalah perbuatan yang baik.
4.Dosa yang berkaitan dengan hak manusia ,yang wajib dikembalikan pada mereka . kategori dosa jenis ini diantaranya memakan harta orang lain ,walupun hanya sekedar satu kerat ,walaupun hanya sebuntir gandum. Setiap orang yang memakan harta orang lain dengan cara yang bathil ,maka pada hari qiamat akan akan datang dengan membawa harta dipundaknya, dia dihadirkan pada hari kiamat ke barisan dipadang mahsyar drngan dipermalukan . namun demikian ,hak orang lain ini sendiri ada taubatnya yaitu mengenbalikan hartanya yang telah di ghosobnya kemudian menyesali atas apa yang telah terjadi,dan tidak akan memakan harta haram orang lain lagi . dia juga seperti menjadi seekor lintah yang menghisap darah manusia. Apabila tidak mempunyai harta  untuk mengembalikan harta oraang lain yang telah di ghosobnya,maka dia harus bertekad untuk mengembalikannya dikala dia telah mampu ,jika dia telah melakuka dengan konsisten,maka taubatnya akan diterima Allah swt.
Jenis dosa dan cara taubatnya

Jenis dosa dan cara taubatnya itu sebenarnya banyak sekali dan saya tidak bisa menjelaskan secara detail dikarenakan waktu yang cupet atau  sedikit,sekian penjelesan dari saya tentang Jenis dosa dan cara taubatnya,apabila ada kata yang salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Popular Posts

Follow Me