Tutorial cara merawat burung trucuk / crocokan | kicau mania

Burung trucuk merupakan salah satu makhluk hidup berupa hewan yang beterbangan dilangit yang mempunyai kicauan yang sangat indah. Ada banyak macam atau jenis burung di dunia ini tapi yang ingin saya ulas disini yaitu burung trucuk atau crorokan.
Tutorial cara merawat burung trucuk / crocokan | kicau mania

Disini perlu diketahui kenapa saya mengulas burung trocokan? Kok bukan burung cinta atau love bird yang cantik? Ada beberapa alasan kenapa saya mengangkat burung yang murahan ini.
Diantaranya:
1.       Burung berharga murah tapi punya potensi yang luar biasa
2.       Harganya akan mahal jika potensinya sudah keluar
3.       Perawatannya mudah
4.       Tidak mudah mati
Meskipun perawatan burung ini sangat mudah sekali, namun jika sang juragan tidak memperhatikan sekali maka burung yang didapatkan tidak bisa berkicau bagus malahan kematian burung yang didapat.
Sekarang simaklah dengan baik tutorial untuk merawat burung terucuk dibawah ini dengan rumus “ semakin burung dirawat dan diperhatikan dengan baik, maka semakin baik pula burung yang dipeliharanya” Bisa berkicau jika disuruh maupun tidak di suruh alias sudah ngoceh.
1.       Mandikanlah dua kali sehari sebagaimana mandinya seorang juragan pemiliknya. Tujuan memandikan burung yaitu untuk memberikan kesegaran yang fres agar burung itu mempunyai semangat yang luar biasa untuk berkicau.
2.     Makanan selalu penuh. Makanan harus selalu ada karena jika perut si burung lapar maka burungnya tidak punya energi dan tidak mau berkicau.
3.    Minuman selalu penuh. Untuk memperlancar pencernaan dan memperlancar tenggorokan siburung supaya bisa mudah untuk berkicau,
4.  Pisang. Pisang ini gunanya untuk memperlancar dan melicinkan tenggorokan burung supaya terasa enak digunakan untuk berkicau.
5.       Memberikan jahe, kencur untuk melemaskan dan membersihkan pita suara burung.
6.       Semua itu tidak akan bisa berjalan dengan lancar sesuai yang di inginkan apabila tidak mempraktekkan cara yang ke 6 ini. Cara yang terakhir yaitu melatih ingatan dan praktek burung dalam berkicau. Disini dengan mendengarkan lagu atau rekaman burung terucuk atau yang lainnya supaya diingat oleh si burung dan dipraktekkan. Rekaman suara burung yang di dengar harus lebih baik dari pada suara burung kepunyaan anda. pengen tahu caranya merawat burung cendet, atau cara merawat burung poci.

7.  Menempelkan dengan burung yang lebih baik. Supaya meniru dan mengingat gerak-gerik dan kicauan burung yang lebih baik.

Popular Posts

Follow Me