Tips dan tutorial memilih bakal burung cendet yang bagus | kicau mania

Burung cendet atau burung petet ialah salah satu burung yang mempunyai sefat predator yang ganas dan mempunyai kemampuan untuk berkicau yang baik bahkan semua suara burung bisa di tiru oleh makhluk yang mempunyai sayap predator ini. baca juga cara merawat burung trucuk/crocokan, dan cara merawat burung poci.
Tips dan tutorial memilih bakal burung cendet yang bagus | kicau mania
 
Bagaimana cara mengetahui dan ciri-ciri burung centet bakalan yang mempunyai karakter suara yang bagus?
Burung cendet mempunyai karakter dasar diantaranya yaitu
1.       Sangat ganas ketika perutnya kosong alias lapar
2.       Burung ini burung petarung teritorial, jika berhadapan dengan musuh (bertemu atau mendengar suara burung cendet lainnya yang sejenis) emosinya untuk bertarung semakin berkobar
3.     Mempunyai birahi yang kuat. Ketika bertemu dan melihat burung sejenis, setelan ef (estra fooding) yang berlebihan, penjemuran yang berlebihan, maka akan mengakibatkan birahi burung ini naik.
4.     Mudah jinak, meskipun burung ini merupakan burung predator yang ganas, akan tetapi burung ini mudah dijinakkan oleh majikannya.
Terus bagaimana cara memilih bakalan atau anakan cendet yang bagus ? jangan asal memilih lo, harus dengan teori yang benar dan ketelitian yang kuat sehingga ketika membeli tidak akan kecewa. Diantaranya yaitu:
1.      Pastinya harus pilih yang jantan, ciri-cirinya yaitu mempunyai warna bulu yang menkilap  dan terang.
2.     Pilihlah paruh cendet yang berpangkal lebar, besar dan pipih. Paruh bawah lurus dan paruh yang atas tidak terlalu bengkok alias mbetet, pilih yang mempunyai hidung yang berdekatan dengan mata, sedekat mungkin kalau bisa, jika diihat dari samping itu kelihatan tembus, ciri-ciri ini dipercayai mempunyai kemampuan berkicau dengan volume yang keras.
3.      Pilih burung yang mempunyai kepala yang besar dan papak,mata yang bulat nan besar dan meyakinkan bagi petarung. Sehingga berprediket burung yang galak dan mempunyai mental yang bagus.
4.    Pilih postur tubuh yang pajang, baik tubuh, sayap, ekor, kaki dan pilih yang berdiri tegak seperti sikap menantang.
5.    Sayapnya mengepit rapat dan mempunyai cakaran yang mencengkram kuat, ini bertanda mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.
6.    Pilih yang sehat, lincah dan mempunyai hobi makan alias mempunyai nafsu makan yang besar. Ini menjadi salah satu burung cendet yang mempunyai mental yang kuat. kemudian setelah memiliki bakal cendet yang berkualitas, rawatlah burung cendet dengan cara seperti ini.

Itulah sedikit pengalaman dan ilmu yang aku dapatkan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya para penghobi burung cendet dan kicau mania.

Popular Posts

Follow Me