Kemanakah arah acungan tangan dari patung pancoran?

Kemanakah arah acungan tangan dari patung  pancoran? Setelah anda berdebat dengan tiada henti-hentinya dan tiada kebenaran yang pasti, maka disinilah anda akan memperoleh jawaban yang logis.
Suatu ketika anda berjalan-jalan di ibu kota jakarta,pastinya anda tidak ada keasingan di benak sobat, dengan kehadiran patung pancoran yang satu ini. Patung pancoran atau patung dirgantara ini merupakan salaah satu diantara patung yang menjadi landmark ataupun simbol dari kota jakarta. Patung ini didirikan disaat pemerintahan presiden pertama indonesia yaitu ir.soekarno,dan didirikan dengan tinggi 11 meter dengan kaki patung setinggi 27 meter. Patung tersebut dirancang oleh seorang perancang patung berasal dari yogyakarta yang bernama edhi sunarso atas perintah bung karno,dan bangunan tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp. 12 juta.
Kemanakah arah acungan tangan dari patung  pancoran?

Misteri yang selama ini menghantui masyarakat sekitar dan orang –orang yang lewat di jalan tersebut itu bertanya-tanya ,kemanakah arah acungan jari dari patung pancuran tersebut? Agak bercerita sedikit ya sobat, dahulu,konon patung pancuran ini menunjuk pada persembunyian dan tempat rahasia bung Karno dimana harta kekayaannya diletakkan disitu, kabar lainnya lagi tentang acungan itu menunjuk kepada pelabuhan sunda kelapa yang menjadi jantung peradaban bangsa indonesia disaat penjajahan belanda.
Akan tetapi di dalam kenyataannya acungan tangan itu menunjuk ke arah utara tempat bandar udara internasional kemayoran berada. Bandar tersebut menjadi bandar  udara internasional pertama yang berada di indonesia di ibu kota jakarta. Bandar tersebut mempunyai fungsi untuk melayani seluruh rute penerbangan domestik serta internasional, sebelum dipindah ke bandara internasional sukarno hatta, selain acungan tangan yang misterius ,patung ini juga terletak pada kompleks perkantoran wisma aldiron dirgantara,yang menjadi markas utama TNI AU,dan letaknya pun strategi disebabkan monumen penyambut bagi pendatang-pendatang yang mendarat di bandar udara halim perdana kusuma.
Dan pada intinya sobat,patung dirgatama pancuran ini dibangun supaya menjadi bangunan kebanggaan indonesia dan menjadi lambang keperkasaan bangsa indonesia pada bidang dirgantara. Desain patung tersebut sangat menunjukkan tentang keperkasaan bangsa indonesia,karena patung pancoran ini mencerminkan atas kejujuran ,berani dan bersemangatnya bangsa indonesia.
Sobat, guspur berbagi telah memecahkan misteri dan rasa penasaran anda terhadap kemana arah acungan tangan patung pancoran ,sudah tahu kan sobat,kemana arahnya? Tidak usah penasaran sobat,cari tahu dulu ,jangan mengedepankan penasaran dalam hati sobat.

Popular Posts

Follow Me