Membaca merupakan proses vital dalam belajar

jumpa lagi dengan saya sobat,untuk kali ini saya akan membahas tantang Membaca yang menjadi proses vital dalam belajarMembaca merupakan begian yang sangat penting dalam proses pendidikan. Tidak dapat dipungkiri, secara efektif kita memperoleh sebagian besar ilmu pengetahuan itu kita dapat dari proses membaca buku, kita juga bisa memperoleh informasi apapun yang kita inginkan lewat membaca buku,tanpa membaca sulit untuk kita bayangkan bagaimana hasil proses pembelajaran dan pendidikan.
Membaca merupakan proses vital dalam belajar

Dalam proses memperoleh informasi ,kegiatan membaca buku memiliki nilai yang lebih dibandingkan dengan kegiatan lain,seperti menonton televisi,video , ataupun mendengarkan radio. Pertama,dengan kita membaca buku ,kita akan dapat memperoleh informasi dengan sangat mudah dan murah, sedangkan media informasi yang lain mensyaratkan biaya yang lebih tinggi dari membaca buku.  Kedua, menurut para pakar neurologi (ilmu sains-medis tentang otak) membaca merupakan sebuah proses yang kompleks,yang melibatkan segenap indra ,serta merangsang aktifnya sel-sel otak ,dan dendrit-dendritnya yang terus membuat simpul-simpul baru pada otak seiring berjalan aktivitas membaca. Maka ,jangan heran ,meski materi informasinya sama ,seorang yang terbiasa mengakses informasi dari televisi akan berbeda dengan orang yang mendapatkan informasi dari buku. Pendek kata ,dari kulitnya sajan akan terassa pembaca buku “tampak lebih cerdas”.
Nilai lebih ketiga untuk buku adalah soal “keamanan” belakang hari,memang revolusi IT banyak mengubah konstelasi kebutuhan akan buku. Internet seolah menjadi Tuhan kecil yang menjadi tempat bertanya hampir segala hal, jika di akumulasi ,ongkos yang harus keluar bila harus membeli buku dengan Cuma mengakses di internet pun akan murah jika kita mengakses di internet. Namun jangan lupa ,media televisi dan internet terlalu banyak memuat hal-hal yang tidak pantas dikonsumsi ,terutama oleh kalangan anak-anak. Peran orang tua punlebih sulit dalam mengonterol mater-materi yang ada di dalam media tersebut. Akan sangat berbeda sekali dengan membaca buku. Kita sebagai orang tua dengan jauh lebih mudah dapat mengontrol dan memilih buku dengan sesuai keinginan kebutuhan anak , dengan demikian ,membaca buku akan jauh lebih aman karena sumbernya sudah bisa kita pilih dan kita dapat lebih mudah untuk melakukan pemantauan atas anak-anak kita. Membaca merupakan proses vital dalam belajar ,itu memang betul dan alangkah baiknya kita bisa mempraktekkan hal tersebut secara istiqomah,agar yang kita inginkan bisa berhasil.

Popular Posts

Follow Me